Program Studi Pendidikan Profesi Guru Universitas Muhammadiyah Makassar

CAPAIAN PRODI

CPL ProdiBahan Kajian
Sikap 
S1Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius.Pendidikan Islam Kemuhammadiyaan Dalam Jabatan: Pendalaman Materi dalam mengidentifikasi masalah, mengeksplorasi penyebab masalah yang dialami guru dalam pembelajaran, dan bagaimana menentukan penyebab masalah; berdasarkan masalah dikembangkan dalam perencanaan pelaksanaan pembelajaran dengan ekspllorasi alternatif Solusi, menentukan Solusi yang lebih efektif, membuat rencana aksi, dan membuat rencana evaluasi; dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dengan melaksanakan rencana pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi, kemudian merefleksi komprehensif dan rencana tindak lanjut. Prajabatan: Filosofi Pendidikan Indonesia; Pemahaman Tentang Peserta Didik dan Pembelajarannya; Prinsip Pengajaran dan Asesmen I; Pembelajaran Berdiferensiasi; Pembelajaran Sosial Emosional; Teknologi Baru dalam Pengajaran dan Pembelajaran; Proyek Kepemimpinan; Seminar PPG; dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL).
Pengetahuan 
P1Menguasai dan menerapkan teori dan konsep untuk menyusun alur belajar berdasarkan tingkat kompleksitas bidang ilmu yang terkaitTeori, Metode, dan Desain Pembelajaran Dalam Jabatan: Pendalaman Materi dalam mengidentifikasi masalah, mengeksplorasi penyebab masalah yang dialami guru dalam pembelajaran, dan bagaimana menentukan penyebab masalah; berdasarkan masalah dikembangkan dalam perencanaan pelaksanaan pembelajaran dengan ekspllorasi alternatif Solusi, menentukan Solusi yang lebih efektif, membuat rencana aksi, dan membuat rencana evaluasi; dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dengan melaksanakan rencana pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi, kemudian merefleksi komprehensif dan rencana tindak lanjut. Prajabatan: Filosofi Pendidikan Indonesia; Pemahaman Tentang Peserta Didik dan Pembelajarannya; Prinsip Pengajaran dan Asesmen I; Pembelajaran Berdiferensiasi; Pembelajaran Sosial Emosional; Teknologi Baru dalam Pengajaran dan Pembelajaran; Proyek Kepemimpinan; Praktik Pengalaman Lapangan (PPL); dan AIK.
P2Memiliki pengetahuan untuk memetakan tingkat penguasaan peserta didik dengan mempertimbangkan proses belajar, kebutuhan, tahap perkembangan, dan latar belakang peserta didik  untuk kepentingan pembelajaranRencana Pelaksanaan Pembelajaran Teori, Metode, dan Desain Pembelajaran Psikologi Pendidikan Teknologi Pembelajaran Dalam Jabatan: Pendalaman Materi dalam mengidentifikasi masalah, mengeksplorasi penyebab masalah yang dialami guru dalam pembelajaran, dan bagaimana menentukan penyebab masalah; berdasarkan masalah dikembangkan dalam perencanaan pelaksanaan pembelajaran dengan ekspllorasi alternatif Solusi, menentukan Solusi yang lebih efektif, membuat rencana aksi, dan membuat rencana evaluasi; dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dengan melaksanakan rencana pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi, kemudian merefleksi komprehensif dan rencana tindak lanjut. Prajabatan: Filosofi Pendidikan Indonesia; Pemahaman Tentang Peserta Didik dan Pembelajarannya; Prinsip Pengajaran dan Asesmen I; Pembelajaran Berdiferensiasi; Pembelajaran Sosial Emosional; Teknologi Baru dalam Pengajaran dan Pembelajaran; Proyek Kepemimpinan; Praktik Pengalaman Lapangan (PPL); dan AIK.
P3Memahami strategi perencanaan tujuan belajar, indikator  dan strategi pencapaian sesuai dengan tahap perkembangan murid, kurikulum, dan profil pelajar PancasilaRencana Pelaksanaan Pembelajaran Teori, Metode, dan Desain Pembelajaran Pendidikan Karakter Filsafat Pendiidkan Psikologi Pendidikan Dalam Jabatan: Pendalaman Materi dalam mengidentifikasi masalah, mengeksplorasi penyebab masalah yang dialami guru dalam pembelajaran, dan bagaimana menentukan penyebab masalah; berdasarkan masalah dikembangkan dalam perencanaan pelaksanaan pembelajaran dengan ekspllorasi alternatif Solusi, menentukan Solusi yang lebih efektif, membuat rencana aksi, dan membuat rencana evaluasi; dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dengan melaksanakan rencana pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi, kemudian merefleksi komprehensif dan rencana tindak lanjut. Prajabatan: Filosofi Pendidikan Indonesia; Pemahaman Tentang Peserta Didik dan Pembelajarannya; Prinsip Pengajaran dan Asesmen I; Pembelajaran Berdiferensiasi; Pembelajaran Sosial Emosional; Teknologi Baru dalam Pengajaran dan Pembelajaran; Proyek Kepemimpinan; dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL).
P4Memahami pengetahuan tentang teknik evaluasi pembelajaran sesuai dengan perkembangan peserta didik, kurikulum dan lingkungan belajarAsesmen Pembelajaran Teknologi Pembelajaran Dalam Jabatan: Pendalaman Materi dalam mengidentifikasi masalah, mengeksplorasi penyebab masalah yang dialami guru dalam pembelajaran, dan bagaimana menentukan penyebab masalah; berdasarkan masalah dikembangkan dalam perencanaan pelaksanaan pembelajaran dengan ekspllorasi alternatif Solusi, menentukan Solusi yang lebih efektif, membuat rencana aksi, dan membuat rencana evaluasi; dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dengan melaksanakan rencana pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi, kemudian merefleksi komprehensif dan rencana tindak lanjut. Prajabatan: Filosofi Pendidikan Indonesia; Pemahaman Tentang Peserta Didik dan Pembelajarannya; Prinsip Pengajaran dan Asesmen I; Pembelajaran Berdiferensiasi; Pembelajaran Sosial Emosional; Teknologi Baru dalam Pengajaran dan Pembelajaran; Proyek Kepemimpinan; dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL).
Keterampilan Umum 
KU1Bekerja sebagai guru secara professionalFilsafat Pendidikan Pendidikan karakter Psikologi Pendidikan Dalam Jabatan: Pendalaman Materi dalam mengidentifikasi masalah, mengeksplorasi penyebab masalah yang dialami guru dalam pembelajaran, dan bagaimana menentukan penyebab masalah; berdasarkan masalah dikembangkan dalam perencanaan pelaksanaan pembelajaran dengan eksplorasi alternatif Solusi, menentukan Solusi yang lebih efektif, membuat rencana aksi, dan membuat rencana evaluasi; dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dengan melaksanakan rencana pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi, kemudian merefleksi komprehensif dan rencana tindak lanjut. Prajabatan: Filosofi Pendidikan Indonesia; Pemahaman Tentang Peserta Didik dan Pembelajarannya; Prinsip Pengajaran dan Asesmen I; Pembelajaran Berdiferensiasi; Pembelajaran Sosial Emosional; Proyek Kepemimpinan; Praktik Pengalaman Lapangan (PPL); dan AIK.
KU2Membuat keputusan secara independen dalam menjalankan pekerjaan sebagai guru berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatifFilsafat Pendidikan Psikologi Pendidikan Kewirausahaan Dalam Jabatan: Pendalaman Materi dalam mengidentifikasi masalah, mengeksplorasi penyebab masalah yang dialami guru dalam pembelajaran, dan bagaimana menentukan penyebab masalah; berdasarkan masalah dikembangkan dalam perencanaan pelaksanaan pembelajaran dengan eksplorasi alternatif Solusi, menentukan Solusi yang lebih efektif, membuat rencana aksi, dan membuat rencana evaluasi; dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dengan melaksanakan rencana pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi, kemudian merefleksi komprehensif dan rencana tindak lanjut. Prajabatan: Filosofi Pendidikan Indonesia; Pemahaman Tentang Peserta Didik dan Pembelajarannya; Prinsip Pengajaran dan Asesmen I; Pembelajaran Berdiferensiasi; Pembelajaran Sosial Emosional; Teknologi Baru dalam Pengajaran dan Pembelajaran; Proyek Kepemimpinan; Praktik Pengalaman Lapangan (PPL); dan AIK.
KU3Mengomunikasikan pemikiran/argumen atau karya inovasi yang bermanfaat bagi pengembangan profesi guru dan kewirausahaan, yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika profesi, kepada masyarakat terutama komunitas guruKewirausahaan Teknologi Pembelajaran Dalam Jabatan: Pendalaman Materi dalam mengidentifikasi masalah, mengeksplorasi penyebab masalah yang dialami guru dalam pembelajaran, dan bagaimana menentukan penyebab masalah; berdasarkan masalah dikembangkan dalam perencanaan pelaksanaan pembelajaran dengan ekspllorasi alternatif Solusi, menentukan Solusi yang lebih efektif, membuat rencana aksi, dan membuat rencana evaluasi; dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dengan melaksanakan rencana pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi, kemudian merefleksi komprehensif dan rencana tindak lanjut. Prajabatan: Filosofi Pendidikan Indonesia; Teknologi Baru dalam Pengajaran dan Pembelajaran; Proyek Kepemimpinan; Praktik Pengalaman Lapangan (PPL); dan AIK.
KU4Evaluasi secara kritis terhadap kinerja dan keputusan sendiri atau sejawatAsesmen Pembelajaran Dalam Jabatan: Pendalaman Materi dalam mengidentifikasi masalah, mengeksplorasi penyebab masalah yang dialami guru dalam pembelajaran, dan bagaimana menentukan penyebab masalah; berdasarkan masalah dikembangkan dalam perencanaan pelaksanaan pembelajaran dengan ekspllorasi alternatif Solusi, menentukan Solusi yang lebih efektif, membuat rencana aksi, dan membuat rencana evaluasi; dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dengan melaksanakan rencana pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi, kemudian merefleksi komprehensif dan rencana tindak lanjut. Prajabatan: Filosofi Pendidikan Indonesia; Pemahaman Tentang Peserta Didik dan Pembelajarannya; Prinsip Pengajaran dan Asesmen I; Pembelajaran Berdiferensiasi; Pembelajaran Sosial Emosional; Proyek Kepemimpinan; Praktik Pengalaman Lapangan (PPL); dan AIK.
KU5Memimpin tim kerja dalam memecahkan permasalahan pendidikan dan peningkatan mutu sumber daya untuk pengembangan organisasiKewirausahaan Dalam Jabatan: Pendalaman Materi dalam mengidentifikasi masalah, mengeksplorasi penyebab masalah yang dialami guru dalam pembelajaran, dan bagaimana menentukan penyebab masalah; berdasarkan masalah dikembangkan dalam perencanaan pelaksanaan pembelajaran dengan ekspllorasi alternatif Solusi, menentukan Solusi yang lebih efektif, membuat rencana aksi, dan membuat rencana evaluasi; dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dengan melaksanakan rencana pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi, kemudian merefleksi komprehensif dan rencana tindak lanjut. Prajabatan: Filosofi Pendidikan Indonesia; Proyek Kepemimpinan; Seminar PPG; Praktik Pengalaman Lapangan (PPL); dan AIK.
KU6Membangun jejaring dan berkolaborasi dengan sejawat, profesi lain, dan pemangku kepentingan  Kewirausahaan Dalam Jabatan: Pendalaman Materi dalam mengidentifikasi masalah, mengeksplorasi penyebab masalah yang dialami guru dalam pembelajaran, dan bagaimana menentukan penyebab masalah; berdasarkan masalah dikembangkan dalam perencanaan pelaksanaan pembelajaran dengan ekspllorasi alternatif Solusi, menentukan Solusi yang lebih efektif, membuat rencana aksi, dan membuat rencana evaluasi; dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dengan melaksanakan rencana pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi, kemudian merefleksi komprehensif dan rencana tindak lanjut. Prajabatan: Filosofi Pendidikan Indonesia; Pembelajaran Berdiferensiasi; Pembelajaran Sosial Emosional; Proyek Kepemimpinan; Praktik Pengalaman Lapangan (PPL); dan AIK.
KU7Mampu melakukan evaluasi secara kritis terhadap Kinerja dan keputusan sendiri atau sejawatAsesmen Pembelajaran Dalam Jabatan: Pendalaman Materi dalam mengidentifikasi masalah, mengeksplorasi penyebab masalah yang dialami guru dalam pembelajaran, dan bagaimana menentukan penyebab masalah; berdasarkan masalah dikembangkan dalam perencanaan pelaksanaan pembelajaran dengan eksplorasi alternatif Solusi, menentukan Solusi yang lebih efektif, membuat rencana aksi, dan membuat rencana evaluasi; dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dengan melaksanakan rencana pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi, kemudian merefleksi komprehensif dan rencana tindak lanjut. Prajabatan: Pemahaman Tentang Peserta Didik dan Pembelajarannya; Prinsip Pengajaran dan Asesmen I; Pembelajaran Berdiferensiasi; Proyek Kepemimpinan; Praktik Pengalaman Lapangan (PPL); dan AIK.
KU8Mampu bertanggung jawab atas pekerjaannya sebagai guru sesuai dengan kode etik profesiFilsafat Pendidikan Pendidikan Karakter Dalam Jabatan: Pendalaman Materi dalam mengidentifikasi masalah, mengeksplorasi penyebab masalah yang dialami guru dalam pembelajaran, dan bagaimana menentukan penyebab masalah; berdasarkan masalah dikembangkan dalam perencanaan pelaksanaan pembelajaran dengan ekspllorasi alternatif Solusi, menentukan Solusi yang lebih efektif, membuat rencana aksi, dan membuat rencana evaluasi; dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dengan melaksanakan rencana pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi, kemudian merefleksi komprehensif dan rencana tindak lanjut. Prajabatan: Prinsip Pengajaran dan Asesmen I; Pembelajaran Berdiferensiasi; Proyek Kepemimpinan; Praktik Pengalaman Lapangan (PPL); dan AIK.
KU9Mendokumentasikan, menyimpan, mengaudit, mengamankan, dan menemukan kembali data serta informasi untuk keperluan pengembangan hasil kerja profesinya sebagai guru secara berkelanjutanFilsafat Pendidikan Psikologi Pembelajaran Dalam Jabatan: Pendalaman Materi dalam mengidentifikasi masalah, mengeksplorasi penyebab masalah yang dialami guru dalam pembelajaran, dan bagaimana menentukan penyebab masalah; berdasarkan masalah dikembangkan dalam perencanaan pelaksanaan pembelajaran dengan ekspllorasi alternatif Solusi, menentukan Solusi yang lebih efektif, membuat rencana aksi, dan membuat rencana evaluasi; dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dengan melaksanakan rencana pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi, kemudian merefleksi komprehensif dan rencana tindak lanjut. Prajabatan: Pembelajaran Sosial Emosional; Projek Kepemimpinan; Teknologi Baru dalam Pengajaran dan Pembelajaran; dan AIK.
KU10Mampu menyelesaikan masalah terutama terkait pembelajaranDalam Jabatan: Pendalaman Materi dalam mengidentifikasi masalah, mengeksplorasi penyebab masalah yang dialami guru dalam pembelajaran, dan bagaimana menentukan penyebab masalah; berdasarkan masalah dikembangkan dalam perencanaan pelaksanaan pembelajaran dengan ekspllorasi alternatif Solusi, menentukan Solusi yang lebih efektif, membuat rencana aksi, dan membuat rencana evaluasi; dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dengan melaksanakan rencana pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi, kemudian merefleksi komprehensif dan rencana tindak lanjut. Prajabatan: Projek Kepemimpinan dan AIK.
Keterampilan Khusus 
KK1Mengembangkan pengetahuan profesional dalam pembelajaran berpusat pada peserta didik  dan mewujudkan profil pelajar Pancasila secara akomodatif, adaptif dan progresif terhadap perkembangan zamanFilsafat Pendidikan Dalam Jabatan: Pendalaman Materi dalam mengidentifikasi masalah, mengeksplorasi penyebab masalah yang dialami guru dalam pembelajaran, dan bagaimana menentukan penyebab masalah; berdasarkan masalah dikembangkan dalam perencanaan pelaksanaan pembelajaran dengan ekspllorasi alternatif Solusi, menentukan Solusi yang lebih efektif, membuat rencana aksi, dan membuat rencana evaluasi; dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dengan melaksanakan rencana pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi, kemudian merefleksi komprehensif dan rencana tindak lanjut. Prajabatan: Filosofi Pendidikan Indonesia; Pemahaman Tentang Peserta Didik dan Pembelajarannya; Prinsip Pengajaran dan Asesmen I dan II; Pembelajaran Berdiferensiasi; Teknologi Baru dalam Pengajaran dan Pembelajaran; Proyek Kepemimpinan; Praktik Pengalaman Lapangan (PPL); dan AIK.
KK2Mengembangkan lingkungan belajar yang aman dan nyaman serta memfasilitasi peserta didik  belajar dengan melibatkan orang tua dan MasyarakatTeori, Metode, dan Desain Pembelajaran Dalam Jabatan: Pendalaman Materi dalam mengidentifikasi masalah, mengeksplorasi penyebab masalah yang dialami guru dalam pembelajaran, dan bagaimana menentukan penyebab masalah; berdasarkan masalah dikembangkan dalam perencanaan pelaksanaan pembelajaran dengan ekspllorasi alternatif Solusi, menentukan Solusi yang lebih efektif, membuat rencana aksi, dan membuat rencana evaluasi; dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dengan melaksanakan rencana pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi, kemudian merefleksi komprehensif dan rencana tindak lanjut. Prajabatan: Filosofi Pendidikan Indonesia; Pemahaman Tentang Peserta Didik dan Pembelajarannya; Prinsip Pengajaran dan Asesmen I; Pembelajaran Berdiferensiasi; Teknologi Baru dalam Pengajaran dan Pembelajaran; Proyek Kepemimpinan; Praktik Pengalaman Lapangan (PPL); dan AIK.
KK3Menunjukkan praktik pembelajaran profesional yang terdiri dari merancang, melaksanakan, melakukan asesmen, dan melakukan refleksi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran secara berkelanjutanTeori, Metode, dan Desain Pembelajaran Asesmen Pembelajaran Teknologi Pembelajara Dalam Jabatan: Pendalaman Materi dalam mengidentifikasi masalah, mengeksplorasi penyebab masalah yang dialami guru dalam pembelajaran, dan bagaimana menentukan penyebab masalah; berdasarkan masalah dikembangkan dalam perencanaan pelaksanaan pembelajaran dengan eksplorasi alternatif Solusi, menentukan Solusi yang lebih efektif, membuat rencana aksi, dan membuat rencana evaluasi; dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dengan melaksanakan rencana pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi, kemudian merefleksi komprehensif dan rencana tindak lanjut. Prajabatan: Filosofi Pendidikan Indonesia; Pemahaman Tentang Peserta Didik dan Pembelajarannya; Prinsip Pengajaran dan Asesmen I; Pembelajaran Berdiferensiasi; Teknologi Baru dalam Pengajaran dan Pembelajaran; Proyek Kepemimpinan; Praktik Pengalaman Lapangan (PPL); dan AIK.
KK4Mengembangkan kemampuan profesional yang berkelanjutan dan menerapkan keterampilan kepemimpinan dalam mengembangkan profesinyaKewirausahaan Dalam Jabatan: Pendalaman Materi dalam mengidentifikasi masalah, mengeksplorasi penyebab masalah yang dialami guru dalam pembelajaran, dan bagaimana menentukan penyebab masalah; berdasarkan masalah dikembangkan dalam perencanaan pelaksanaan pembelajaran dengan ekspllorasi alternatif Solusi, menentukan Solusi yang lebih efektif, membuat rencana aksi, dan membuat rencana evaluasi; dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dengan melaksanakan rencana pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi, kemudian merefleksi komprehensif dan rencana tindak lanjut. Prajabatan: Filosofi Pendidikan Indonesia; Pembelajaran Berdiferensiasi; Pembelajaran Sosial Emosional; Proyek Kepemimpinan; Praktik Pengalaman Lapangan (PPL); dan AIK.
KK5Terampil melakukan refleksi terhadap pengalaman belajar selama pelaksanaan PPG secara logis, kritis, dan sistematis.Asesmen Pembelajaran Dalam Jabatan: Pendalaman Materi dalam mengidentifikasi masalah, mengeksplorasi penyebab masalah yang dialami guru dalam pembelajaran, dan bagaimana menentukan penyebab masalah; berdasarkan masalah dikembangkan dalam perencanaan pelaksanaan pembelajaran dengan ekspllorasi alternatif Solusi, menentukan Solusi yang lebih efektif, membuat rencana aksi, dan membuat rencana evaluasi; dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dengan melaksanakan rencana pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi, kemudian merefleksi komprehensif dan rencana tindak lanjut. Prajabatan: Seminar PPG