CPL Prodi | Bahan Kajian |
Sikap | |
S1 | Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius. | Pendidikan Islam Kemuhammadiyaan Dalam Jabatan: Pendalaman Materi dalam mengidentifikasi masalah, mengeksplorasi penyebab masalah yang dialami guru dalam pembelajaran, dan bagaimana menentukan penyebab masalah; berdasarkan masalah dikembangkan dalam perencanaan pelaksanaan pembelajaran dengan ekspllorasi alternatif Solusi, menentukan Solusi yang lebih efektif, membuat rencana aksi, dan membuat rencana evaluasi; dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dengan melaksanakan rencana pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi, kemudian merefleksi komprehensif dan rencana tindak lanjut. Prajabatan: Filosofi Pendidikan Indonesia; Pemahaman Tentang Peserta Didik dan Pembelajarannya; Prinsip Pengajaran dan Asesmen I; Pembelajaran Berdiferensiasi; Pembelajaran Sosial Emosional; Teknologi Baru dalam Pengajaran dan Pembelajaran; Proyek Kepemimpinan; Seminar PPG; dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). |
Pengetahuan | |
P1 | Menguasai dan menerapkan teori dan konsep untuk menyusun alur belajar berdasarkan tingkat kompleksitas bidang ilmu yang terkait | Teori, Metode, dan Desain Pembelajaran Dalam Jabatan: Pendalaman Materi dalam mengidentifikasi masalah, mengeksplorasi penyebab masalah yang dialami guru dalam pembelajaran, dan bagaimana menentukan penyebab masalah; berdasarkan masalah dikembangkan dalam perencanaan pelaksanaan pembelajaran dengan ekspllorasi alternatif Solusi, menentukan Solusi yang lebih efektif, membuat rencana aksi, dan membuat rencana evaluasi; dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dengan melaksanakan rencana pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi, kemudian merefleksi komprehensif dan rencana tindak lanjut. Prajabatan: Filosofi Pendidikan Indonesia; Pemahaman Tentang Peserta Didik dan Pembelajarannya; Prinsip Pengajaran dan Asesmen I; Pembelajaran Berdiferensiasi; Pembelajaran Sosial Emosional; Teknologi Baru dalam Pengajaran dan Pembelajaran; Proyek Kepemimpinan; Praktik Pengalaman Lapangan (PPL); dan AIK. |
P2 | Memiliki pengetahuan untuk memetakan tingkat penguasaan peserta didik dengan mempertimbangkan proses belajar, kebutuhan, tahap perkembangan, dan latar belakang peserta didik untuk kepentingan pembelajaran | Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Teori, Metode, dan Desain Pembelajaran Psikologi Pendidikan Teknologi Pembelajaran Dalam Jabatan: Pendalaman Materi dalam mengidentifikasi masalah, mengeksplorasi penyebab masalah yang dialami guru dalam pembelajaran, dan bagaimana menentukan penyebab masalah; berdasarkan masalah dikembangkan dalam perencanaan pelaksanaan pembelajaran dengan ekspllorasi alternatif Solusi, menentukan Solusi yang lebih efektif, membuat rencana aksi, dan membuat rencana evaluasi; dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dengan melaksanakan rencana pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi, kemudian merefleksi komprehensif dan rencana tindak lanjut. Prajabatan: Filosofi Pendidikan Indonesia; Pemahaman Tentang Peserta Didik dan Pembelajarannya; Prinsip Pengajaran dan Asesmen I; Pembelajaran Berdiferensiasi; Pembelajaran Sosial Emosional; Teknologi Baru dalam Pengajaran dan Pembelajaran; Proyek Kepemimpinan; Praktik Pengalaman Lapangan (PPL); dan AIK. |
P3 | Memahami strategi perencanaan tujuan belajar, indikator dan strategi pencapaian sesuai dengan tahap perkembangan murid, kurikulum, dan profil pelajar Pancasila | Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Teori, Metode, dan Desain Pembelajaran Pendidikan Karakter Filsafat Pendiidkan Psikologi Pendidikan Dalam Jabatan: Pendalaman Materi dalam mengidentifikasi masalah, mengeksplorasi penyebab masalah yang dialami guru dalam pembelajaran, dan bagaimana menentukan penyebab masalah; berdasarkan masalah dikembangkan dalam perencanaan pelaksanaan pembelajaran dengan ekspllorasi alternatif Solusi, menentukan Solusi yang lebih efektif, membuat rencana aksi, dan membuat rencana evaluasi; dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dengan melaksanakan rencana pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi, kemudian merefleksi komprehensif dan rencana tindak lanjut. Prajabatan: Filosofi Pendidikan Indonesia; Pemahaman Tentang Peserta Didik dan Pembelajarannya; Prinsip Pengajaran dan Asesmen I; Pembelajaran Berdiferensiasi; Pembelajaran Sosial Emosional; Teknologi Baru dalam Pengajaran dan Pembelajaran; Proyek Kepemimpinan; dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). |
P4 | Memahami pengetahuan tentang teknik evaluasi pembelajaran sesuai dengan perkembangan peserta didik, kurikulum dan lingkungan belajar | Asesmen Pembelajaran Teknologi Pembelajaran Dalam Jabatan: Pendalaman Materi dalam mengidentifikasi masalah, mengeksplorasi penyebab masalah yang dialami guru dalam pembelajaran, dan bagaimana menentukan penyebab masalah; berdasarkan masalah dikembangkan dalam perencanaan pelaksanaan pembelajaran dengan ekspllorasi alternatif Solusi, menentukan Solusi yang lebih efektif, membuat rencana aksi, dan membuat rencana evaluasi; dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dengan melaksanakan rencana pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi, kemudian merefleksi komprehensif dan rencana tindak lanjut. Prajabatan: Filosofi Pendidikan Indonesia; Pemahaman Tentang Peserta Didik dan Pembelajarannya; Prinsip Pengajaran dan Asesmen I; Pembelajaran Berdiferensiasi; Pembelajaran Sosial Emosional; Teknologi Baru dalam Pengajaran dan Pembelajaran; Proyek Kepemimpinan; dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). |
Keterampilan Umum | |
KU1 | Bekerja sebagai guru secara professional | Filsafat Pendidikan Pendidikan karakter Psikologi Pendidikan Dalam Jabatan: Pendalaman Materi dalam mengidentifikasi masalah, mengeksplorasi penyebab masalah yang dialami guru dalam pembelajaran, dan bagaimana menentukan penyebab masalah; berdasarkan masalah dikembangkan dalam perencanaan pelaksanaan pembelajaran dengan eksplorasi alternatif Solusi, menentukan Solusi yang lebih efektif, membuat rencana aksi, dan membuat rencana evaluasi; dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dengan melaksanakan rencana pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi, kemudian merefleksi komprehensif dan rencana tindak lanjut. Prajabatan: Filosofi Pendidikan Indonesia; Pemahaman Tentang Peserta Didik dan Pembelajarannya; Prinsip Pengajaran dan Asesmen I; Pembelajaran Berdiferensiasi; Pembelajaran Sosial Emosional; Proyek Kepemimpinan; Praktik Pengalaman Lapangan (PPL); dan AIK. |
KU2 | Membuat keputusan secara independen dalam menjalankan pekerjaan sebagai guru berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif | Filsafat Pendidikan Psikologi Pendidikan Kewirausahaan Dalam Jabatan: Pendalaman Materi dalam mengidentifikasi masalah, mengeksplorasi penyebab masalah yang dialami guru dalam pembelajaran, dan bagaimana menentukan penyebab masalah; berdasarkan masalah dikembangkan dalam perencanaan pelaksanaan pembelajaran dengan eksplorasi alternatif Solusi, menentukan Solusi yang lebih efektif, membuat rencana aksi, dan membuat rencana evaluasi; dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dengan melaksanakan rencana pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi, kemudian merefleksi komprehensif dan rencana tindak lanjut. Prajabatan: Filosofi Pendidikan Indonesia; Pemahaman Tentang Peserta Didik dan Pembelajarannya; Prinsip Pengajaran dan Asesmen I; Pembelajaran Berdiferensiasi; Pembelajaran Sosial Emosional; Teknologi Baru dalam Pengajaran dan Pembelajaran; Proyek Kepemimpinan; Praktik Pengalaman Lapangan (PPL); dan AIK. |
KU3 | Mengomunikasikan pemikiran/argumen atau karya inovasi yang bermanfaat bagi pengembangan profesi guru dan kewirausahaan, yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika profesi, kepada masyarakat terutama komunitas guru | Kewirausahaan Teknologi Pembelajaran Dalam Jabatan: Pendalaman Materi dalam mengidentifikasi masalah, mengeksplorasi penyebab masalah yang dialami guru dalam pembelajaran, dan bagaimana menentukan penyebab masalah; berdasarkan masalah dikembangkan dalam perencanaan pelaksanaan pembelajaran dengan ekspllorasi alternatif Solusi, menentukan Solusi yang lebih efektif, membuat rencana aksi, dan membuat rencana evaluasi; dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dengan melaksanakan rencana pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi, kemudian merefleksi komprehensif dan rencana tindak lanjut. Prajabatan: Filosofi Pendidikan Indonesia; Teknologi Baru dalam Pengajaran dan Pembelajaran; Proyek Kepemimpinan; Praktik Pengalaman Lapangan (PPL); dan AIK. |
KU4 | Evaluasi secara kritis terhadap kinerja dan keputusan sendiri atau sejawat | Asesmen Pembelajaran Dalam Jabatan: Pendalaman Materi dalam mengidentifikasi masalah, mengeksplorasi penyebab masalah yang dialami guru dalam pembelajaran, dan bagaimana menentukan penyebab masalah; berdasarkan masalah dikembangkan dalam perencanaan pelaksanaan pembelajaran dengan ekspllorasi alternatif Solusi, menentukan Solusi yang lebih efektif, membuat rencana aksi, dan membuat rencana evaluasi; dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dengan melaksanakan rencana pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi, kemudian merefleksi komprehensif dan rencana tindak lanjut. Prajabatan: Filosofi Pendidikan Indonesia; Pemahaman Tentang Peserta Didik dan Pembelajarannya; Prinsip Pengajaran dan Asesmen I; Pembelajaran Berdiferensiasi; Pembelajaran Sosial Emosional; Proyek Kepemimpinan; Praktik Pengalaman Lapangan (PPL); dan AIK. |
KU5 | Memimpin tim kerja dalam memecahkan permasalahan pendidikan dan peningkatan mutu sumber daya untuk pengembangan organisasi | Kewirausahaan Dalam Jabatan: Pendalaman Materi dalam mengidentifikasi masalah, mengeksplorasi penyebab masalah yang dialami guru dalam pembelajaran, dan bagaimana menentukan penyebab masalah; berdasarkan masalah dikembangkan dalam perencanaan pelaksanaan pembelajaran dengan ekspllorasi alternatif Solusi, menentukan Solusi yang lebih efektif, membuat rencana aksi, dan membuat rencana evaluasi; dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dengan melaksanakan rencana pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi, kemudian merefleksi komprehensif dan rencana tindak lanjut. Prajabatan: Filosofi Pendidikan Indonesia; Proyek Kepemimpinan; Seminar PPG; Praktik Pengalaman Lapangan (PPL); dan AIK. |
KU6 | Membangun jejaring dan berkolaborasi dengan sejawat, profesi lain, dan pemangku kepentingan | Kewirausahaan Dalam Jabatan: Pendalaman Materi dalam mengidentifikasi masalah, mengeksplorasi penyebab masalah yang dialami guru dalam pembelajaran, dan bagaimana menentukan penyebab masalah; berdasarkan masalah dikembangkan dalam perencanaan pelaksanaan pembelajaran dengan ekspllorasi alternatif Solusi, menentukan Solusi yang lebih efektif, membuat rencana aksi, dan membuat rencana evaluasi; dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dengan melaksanakan rencana pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi, kemudian merefleksi komprehensif dan rencana tindak lanjut. Prajabatan: Filosofi Pendidikan Indonesia; Pembelajaran Berdiferensiasi; Pembelajaran Sosial Emosional; Proyek Kepemimpinan; Praktik Pengalaman Lapangan (PPL); dan AIK. |
KU7 | Mampu melakukan evaluasi secara kritis terhadap Kinerja dan keputusan sendiri atau sejawat | Asesmen Pembelajaran Dalam Jabatan: Pendalaman Materi dalam mengidentifikasi masalah, mengeksplorasi penyebab masalah yang dialami guru dalam pembelajaran, dan bagaimana menentukan penyebab masalah; berdasarkan masalah dikembangkan dalam perencanaan pelaksanaan pembelajaran dengan eksplorasi alternatif Solusi, menentukan Solusi yang lebih efektif, membuat rencana aksi, dan membuat rencana evaluasi; dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dengan melaksanakan rencana pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi, kemudian merefleksi komprehensif dan rencana tindak lanjut. Prajabatan: Pemahaman Tentang Peserta Didik dan Pembelajarannya; Prinsip Pengajaran dan Asesmen I; Pembelajaran Berdiferensiasi; Proyek Kepemimpinan; Praktik Pengalaman Lapangan (PPL); dan AIK. |
KU8 | Mampu bertanggung jawab atas pekerjaannya sebagai guru sesuai dengan kode etik profesi | Filsafat Pendidikan Pendidikan Karakter Dalam Jabatan: Pendalaman Materi dalam mengidentifikasi masalah, mengeksplorasi penyebab masalah yang dialami guru dalam pembelajaran, dan bagaimana menentukan penyebab masalah; berdasarkan masalah dikembangkan dalam perencanaan pelaksanaan pembelajaran dengan ekspllorasi alternatif Solusi, menentukan Solusi yang lebih efektif, membuat rencana aksi, dan membuat rencana evaluasi; dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dengan melaksanakan rencana pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi, kemudian merefleksi komprehensif dan rencana tindak lanjut. Prajabatan: Prinsip Pengajaran dan Asesmen I; Pembelajaran Berdiferensiasi; Proyek Kepemimpinan; Praktik Pengalaman Lapangan (PPL); dan AIK. |
KU9 | Mendokumentasikan, menyimpan, mengaudit, mengamankan, dan menemukan kembali data serta informasi untuk keperluan pengembangan hasil kerja profesinya sebagai guru secara berkelanjutan | Filsafat Pendidikan Psikologi Pembelajaran Dalam Jabatan: Pendalaman Materi dalam mengidentifikasi masalah, mengeksplorasi penyebab masalah yang dialami guru dalam pembelajaran, dan bagaimana menentukan penyebab masalah; berdasarkan masalah dikembangkan dalam perencanaan pelaksanaan pembelajaran dengan ekspllorasi alternatif Solusi, menentukan Solusi yang lebih efektif, membuat rencana aksi, dan membuat rencana evaluasi; dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dengan melaksanakan rencana pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi, kemudian merefleksi komprehensif dan rencana tindak lanjut. Prajabatan: Pembelajaran Sosial Emosional; Projek Kepemimpinan; Teknologi Baru dalam Pengajaran dan Pembelajaran; dan AIK. |
KU10 | Mampu menyelesaikan masalah terutama terkait pembelajaran | Dalam Jabatan: Pendalaman Materi dalam mengidentifikasi masalah, mengeksplorasi penyebab masalah yang dialami guru dalam pembelajaran, dan bagaimana menentukan penyebab masalah; berdasarkan masalah dikembangkan dalam perencanaan pelaksanaan pembelajaran dengan ekspllorasi alternatif Solusi, menentukan Solusi yang lebih efektif, membuat rencana aksi, dan membuat rencana evaluasi; dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dengan melaksanakan rencana pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi, kemudian merefleksi komprehensif dan rencana tindak lanjut. Prajabatan: Projek Kepemimpinan dan AIK. |
Keterampilan Khusus | |
KK1 | Mengembangkan pengetahuan profesional dalam pembelajaran berpusat pada peserta didik dan mewujudkan profil pelajar Pancasila secara akomodatif, adaptif dan progresif terhadap perkembangan zaman | Filsafat Pendidikan Dalam Jabatan: Pendalaman Materi dalam mengidentifikasi masalah, mengeksplorasi penyebab masalah yang dialami guru dalam pembelajaran, dan bagaimana menentukan penyebab masalah; berdasarkan masalah dikembangkan dalam perencanaan pelaksanaan pembelajaran dengan ekspllorasi alternatif Solusi, menentukan Solusi yang lebih efektif, membuat rencana aksi, dan membuat rencana evaluasi; dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dengan melaksanakan rencana pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi, kemudian merefleksi komprehensif dan rencana tindak lanjut. Prajabatan: Filosofi Pendidikan Indonesia; Pemahaman Tentang Peserta Didik dan Pembelajarannya; Prinsip Pengajaran dan Asesmen I dan II; Pembelajaran Berdiferensiasi; Teknologi Baru dalam Pengajaran dan Pembelajaran; Proyek Kepemimpinan; Praktik Pengalaman Lapangan (PPL); dan AIK. |
KK2 | Mengembangkan lingkungan belajar yang aman dan nyaman serta memfasilitasi peserta didik belajar dengan melibatkan orang tua dan Masyarakat | Teori, Metode, dan Desain Pembelajaran Dalam Jabatan: Pendalaman Materi dalam mengidentifikasi masalah, mengeksplorasi penyebab masalah yang dialami guru dalam pembelajaran, dan bagaimana menentukan penyebab masalah; berdasarkan masalah dikembangkan dalam perencanaan pelaksanaan pembelajaran dengan ekspllorasi alternatif Solusi, menentukan Solusi yang lebih efektif, membuat rencana aksi, dan membuat rencana evaluasi; dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dengan melaksanakan rencana pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi, kemudian merefleksi komprehensif dan rencana tindak lanjut. Prajabatan: Filosofi Pendidikan Indonesia; Pemahaman Tentang Peserta Didik dan Pembelajarannya; Prinsip Pengajaran dan Asesmen I; Pembelajaran Berdiferensiasi; Teknologi Baru dalam Pengajaran dan Pembelajaran; Proyek Kepemimpinan; Praktik Pengalaman Lapangan (PPL); dan AIK. |
KK3 | Menunjukkan praktik pembelajaran profesional yang terdiri dari merancang, melaksanakan, melakukan asesmen, dan melakukan refleksi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran secara berkelanjutan | Teori, Metode, dan Desain Pembelajaran Asesmen Pembelajaran Teknologi Pembelajara Dalam Jabatan: Pendalaman Materi dalam mengidentifikasi masalah, mengeksplorasi penyebab masalah yang dialami guru dalam pembelajaran, dan bagaimana menentukan penyebab masalah; berdasarkan masalah dikembangkan dalam perencanaan pelaksanaan pembelajaran dengan eksplorasi alternatif Solusi, menentukan Solusi yang lebih efektif, membuat rencana aksi, dan membuat rencana evaluasi; dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dengan melaksanakan rencana pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi, kemudian merefleksi komprehensif dan rencana tindak lanjut. Prajabatan: Filosofi Pendidikan Indonesia; Pemahaman Tentang Peserta Didik dan Pembelajarannya; Prinsip Pengajaran dan Asesmen I; Pembelajaran Berdiferensiasi; Teknologi Baru dalam Pengajaran dan Pembelajaran; Proyek Kepemimpinan; Praktik Pengalaman Lapangan (PPL); dan AIK. |
KK4 | Mengembangkan kemampuan profesional yang berkelanjutan dan menerapkan keterampilan kepemimpinan dalam mengembangkan profesinya | Kewirausahaan Dalam Jabatan: Pendalaman Materi dalam mengidentifikasi masalah, mengeksplorasi penyebab masalah yang dialami guru dalam pembelajaran, dan bagaimana menentukan penyebab masalah; berdasarkan masalah dikembangkan dalam perencanaan pelaksanaan pembelajaran dengan ekspllorasi alternatif Solusi, menentukan Solusi yang lebih efektif, membuat rencana aksi, dan membuat rencana evaluasi; dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dengan melaksanakan rencana pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi, kemudian merefleksi komprehensif dan rencana tindak lanjut. Prajabatan: Filosofi Pendidikan Indonesia; Pembelajaran Berdiferensiasi; Pembelajaran Sosial Emosional; Proyek Kepemimpinan; Praktik Pengalaman Lapangan (PPL); dan AIK. |
KK5 | Terampil melakukan refleksi terhadap pengalaman belajar selama pelaksanaan PPG secara logis, kritis, dan sistematis. | Asesmen Pembelajaran Dalam Jabatan: Pendalaman Materi dalam mengidentifikasi masalah, mengeksplorasi penyebab masalah yang dialami guru dalam pembelajaran, dan bagaimana menentukan penyebab masalah; berdasarkan masalah dikembangkan dalam perencanaan pelaksanaan pembelajaran dengan ekspllorasi alternatif Solusi, menentukan Solusi yang lebih efektif, membuat rencana aksi, dan membuat rencana evaluasi; dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dengan melaksanakan rencana pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi, kemudian merefleksi komprehensif dan rencana tindak lanjut. Prajabatan: Seminar PPG |